Selasa, 02 Agustus 2022

Wisata Air New Rivermoon Klaten, Cocok Menemani Libur Panjang

Tags

 

Sumber: https://klatenkab.go.id


Menjelang akhir pekan tentunya rasa penat dan lelah setelah satu minggu berkerja terasa sudah sangat menumpuk bukan?. Tekanan pekerjaan dan mobilitas keseharian yang tinggi di kota tentu membuat kepala pening dibuatnya. Oleh karenanya, akhir pekan tidak lengkap rasanya tanpa pergi ke tempat wisata dan menyantaikan diri menikmati waktu senggang.


Di Klaten, terdapat satu objek wisata yang cocok sekali untuk menjadi salah satu rujukan. Menjadi salah satu pilihan guna menikmati asrinya panorama alam dan segarnya udara pedesaan. Namanya, Air New Rivermoon.


Wisata Air New Rivermoon menyediakan layanan adventure sekaligus resto yang sayang sekali jika dilewatkan. Wisata ini terletak di Pusur, Karanglo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. New Rivermoon berjarak sekitar delapan belas kilometer dari Klaten kota.


Tempat wisat ini mulai buka pukul 10.00 pagi hingga pukul 18.00 sore. Memasuki area Air New Rivermoon kita akan disambut dengan air mancur besar dan pendopo Djojo Bisono yang biasa digunakan sebagai tempat pertemuan atau wedding.


Dikutip dari chanel YouTube Piknik Yuuk, Air New Rivermoon ini merupakan objek wisata yang memadukan konsep resto dan outbound. Di area resto ditanami berbagai pohon sehingga membuat pemandangan terlihat asri dan sejuk dipagi maupun di sore hari.


Di Air New Rivermoon Klaten ini, selain untuk menikmati kuliner dan pemandangan, wisatawan juga dapat beroutbound, river tubing, bahkan camping. Sudah tersedia fasilitas dan tempat yang cocok untuk masing-masing kegiatan tersebut.


River Tubing


Tersedia loket pendaftaran river tubing  yang terletak di sebelah kanan lapangan yang biasa digunakan untuk outbound. 


Terdapat pembagian jarak tubing yang dapat dipilih. Bagi pemula, baiknya memilih jarak yang dekat terlebih dahulu yang kurang lebih berjarak 15 meter dengan tarif Rp 15.000; namun, bila ingin lebih menantang wisatawan dapat memilih pilihan kedua dengan jarak 2 kilometer dengan membayar Rp 40.000. 


Tarif ini sudah termasuk perlengkapan seperti ban dan alat-alat keamanan seperti helm dan pelampung. Untuk jalur kedua sejauh dua kilometer, para pengunjung akan diantar kembali dengan menggunakan mobil dari titik akhir tubing kali Pusur.


Tidak perlu takut untuk mencoba river tubing di kali Pusur ini. Sungai yang berdebit air tidak terlalu besar di dukung dengan arus yang tidak terlalu kuat membuat aktivitas tubing lebih nyaman dan aman. Selain itu, juga dipasang bilah-bilah bambu agar ban tetap mengalir sesuai jalur dan tidak berbelok-belok atau keluar dari jalur tebing.


New Rivermoon Resto


Resto terbagi menjadi beberapa bagian, baik yang berada di gazebo maupun berada di outdoor  yang mengarah langsung ke kali Pusur yang terlihat jernih. Payung-payung hijau menaungi meja-meja yang menghadap langsung ke sungai.


Lantai beralaskan kayu yang menampakan serat-seratnya disangga tiang-tiang besi yang kokoh. View yang satu ini sangat cocok untuk nongkrong bersama teman, sahabat maupun orang terkasih di sore hari.


Pemandangan air jernih yang mengalir langsung dari umbul Cokro, dipadukan batuan-batuan sungai yang tertata rapi serta pepohonan rindang yang menaungi membuat wisatawan terlena dan melupakan sejenak penatnya pekerjaan. Terdapat banyak tempat yang instagramable sangat cocok untuk mengabadikan momen sekaligus menabah koleksi foto.


Taman New Rivermoon

Taman ditandai dengan tugu besar berbentuk jamur yang berwarna unngu muda. Sepanjang jalur di taman dihiasi dengan jamur-jamur yang terbuat dari batu yang kemudian dicat berwarna-warni. Bunga-bunga juga ditanami disepanjang jalan sehingga membuat suasana semakin instagramable untuk berfoto. 


Tanah lapang di sekitar taman biasa digunakan untuk camping maupun outbound, terdapat pula aula luas yang biasa digunakan untuk tempat pertemuan. Lengkap sekali bukan.


New Rivermoon Klaten jug sangat menjaga protokol kesehatan. Meskipun parkiran luas ditambah dengan lapangan yang tersedia di depan objek wisata, ketika parkiran di dalam sudah penuh maka jalan masuk akan ditutup. 


Hal tersebut dilakukan untuk menghindari jumlah pengunjung yang melebihi ambang batas protokol kesehatan. Oleh karenanya, apabila ingin berwisata ke New Rivermoon, ada baiknya untuk melakukan reservasi dahulu agar dapat masuk tanpa harus menunggu gantian dari pengunjung lainnya.


Happy Traveling😉


Penulis: Aprillia Setyaning Normalisa Putri

Hai semua! Kenalin, Namaku Umi Riadatul Munasaroh seorang Mahasiswa yang sekarang sedang beraktivitas sebagai penulis nih.

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :


EmoticonEmoticon