Sabtu, 08 Januari 2022

Keunikan Kota Ngapak Milik Kebumen

Tugu Lawet

Ada yang sudah mengetahui Kota Kebumen itu di mana? Iya betul banget, kota ini berada di provinsi Jawa Tengah. Tepatnya mejadi Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah ya. 

Mungkin kalian sering mendengar tentang kota ini, yang biasa di sebut kota ngapak. Karena bahasa keseharian kota ini menggunakan bahasa ngapak. Oh iya, ada yang sudah tahu bahasa ngapak itu gimana? Pasti belum ya,,? Contohnya gini nih, "Kowe madang urung?" ( kamu sudah makan belum?), "Nyong kencot, sageh madang" (aku lapar, ayo cepat makan), itulah beberapa contoh bahasa ngapaknya Kota Kebumen.

Selain, di kenal sebagai bahasanya yang ngapak, kota ini juga di kenal sebagai Kota Beriman ya. Hm,,,Kota Beriman? Pasti, kalian berpikir bahwa orang- orang yang tinggal di kota ini beriman semua ya? Hahah, ndak dong. Pasti ada sejarahnya, yuk baca juga Sejarah Kota Kebumen.

Beberapa tahun lalu kota ini memang dikenal sebagai kota yang kurang menarik bagi wisatawan, tapi sekarang sudah menjadi kota unik ya. Banyak sekali wisata yang sudah bagus dan menarik, sehingga tidak heran jika sekarang banyak yang berkunjung ke kota ini. Yah, walaupun di daerah pesisir sih, tapi kota ini juga memiliki beberapa daerah pegunungan di pantainya. Salah satunya pantai yang terkanal di kota ini yaitu Menganti. Kebanyakan orang luar kota itu paham betul wisata Pantai Menganti ini, karena pasir putih yang membuatnya begitu terkenal. Yah pahamlah, jarang-jarang lho ada pasir berwarna putih di Jawa Tengah.

Baca juga: Destinasi Wisata Surga Di Pantai Menganti Kebumen

Alun-Alun Kota Kebumen










Selain logat yang ngapak, apa aja ya keunikan dari Kota Kebumen ya? Yuk, kita bahas!


1. Kota Lawet

Hm,,, kira-kira apa ya lambang dari Kota Beriman ini? Haha,, oke saya akan pecahkan pertanyaan kalian semua. Kota Beriman ini mempunyai lambang tersendiri lho, yaitu burung lawet. Ada yang tahu burung lawet itu seperti apa bentuknya? Berbadan kecilkah? Atau berbadab besar? Iyap betul, burung ini memang berbadan kecil, berwarna gelap, memiliki mata bulat dan mempunyai kecepatan terbang tinggi serta suka bersarang di tempat gelap dan lembab ya, seperti gua. Est,, seperti apa sih wujud dari burung lawet ini? Yuk, lihat Gambar Burung Lawet.

Jika kalian berkunjung ke Kota Kebumen, pastikan kalian menjumpai Tugu yang sangat terkenal di kota ini yaitu Tugu Lawet. Jangan sampai terlewatkan ya. Sudah jauh-jauh dari luar kota kok belum melihat Tugu Lawet, ihhh nyesel. Tugu Lawet ini hanya terletak di tengah-tengah Kota Kebumen kok. Jadi, masih gampang di cari.


2. Penghasil genteng Sokka

Kalian tahu genteng itu apa? Tahulah ya, yang biasa digunakan untuk atap yang berbahan dasar dari tanah lempung. Tahukan? Alhamdulilah jika sudah tahu.

Kota Kebumen ini terkenal banget dengan produksi genteng lho. Tapi kalian jangan menyepelekannya ya. Karena, untuk menjadi sebuah genteng saja itu membutuhkan proses yang begitu panjang lho. Mulai dari pengambilan tanah lempung yang harus berkualitas, penggilingan, pencetakan, pengisisan, penjemuran, pembakaran, pernyotiran, hingga sampai di tangan pembeli. Waw,, ternyata susah ya membuat genteng, padahal bentuknya kecil lho. Hahah, ya begitulah orang-orang Kota Kebumen sekecil apapun hasilnya harus tetap di syukuri, namanya saja Kota Beriman, hehehe.



3. Memiliki pantai yang cantik

Kalian tahu tidak, bahwa garis yang terbentang di sepanjang 54 km di daerah selatan menjadi mata terindah bagi kota ini. Salah satunya yah pantai menganti tadi. tapi tidak hanya itu, ada pantai lain tentunya seperti Pantai Surumanis, Pantai Mliwis, Pantai Lampon, Pantai Bocor, Pantai Ceriwik, Pantai Pecaron, dan masih banyak lagi pastinya.

Masih banyak wisata di Kota Kebumen selain pantai lho, diantaranya Bukit Jerit, Benteng Van Der Wijk, Kebun Bunga Ambal, Waduk Sempor, Gua Jatijajar, Bukit Pentulu Indah, Bukit Hood, Brujul Adventure Park, Bukit Langit, dan masih banyak lagi deh.

Keren abis Kota Kebumen ini. Kota terkeren yang pertama kali saya lihat, yah iyah lahh orang saya lahir di Kota Kebumen, heheehhe (bercanda) emang asli keren kok. Ndak percaya? Kalian bisa cek langsung ke tempatnya.

Mungkin hanya itu yang bisa saya berikan untuk kalian. Tapi, tenang aja. Saya tidak akan membuat kalian kecewa kok, heheh. Buat kalian yang ingin menikmati Kota Kebumen secara langsung dan membutuhkan teman untuk petunjuk jalan, kalian bisa kontak saya ya. Tenang aja, saya akan menemani perjalanan kalian di Kota Beriman ini, dengan gratis tentunya, heheh. Apa sih yang nggak buat sahabat Travel.

Oh iya, di sini ada yang mau melihat Kota Kebumen tapi belum ada waktu untuk berkunjung? Tenang aja ada opsi yang ke dua kok, saya akan share link YouTube agar kalian bisa melihat keajaiban di Kota Kebumen. 

Yuk Tonton!

Keindahan Kota Kebumen oleh Ahmad Taufik Ma'ruf

Semoga Bermanfaat.

Happy Traveling😉






Hai semua! Kenalin, Namaku Umi Riadatul Munasaroh seorang Mahasiswa yang sekarang sedang beraktivitas sebagai penulis nih.

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :

2 Comments

Menarik sekali ceritanya Umi. Ayo lanjutkan menulis...semangat terus...

Kalau Umi berkenan, silahkan kunjungi website bapak: https://winarditaniinfo.com. Kalau boleh dikomentari apa adanya. Wassalam.
Winardi Khatib WA: 082287428008;
email: winardikh5319@gmail.com


EmoticonEmoticon