Senin, 27 Desember 2021

Review Kereta Prameks Kutoarjo-Yogyakarta

Tags

                                                    Kereta Prameks Kutoarjo-Yogyakarta
 

Hari ini saya akan membahas mengenai kereta api Prambanan Ekspres ( Prameks )ya. Oh iya, untuk yang bertanya-tanya, kenapa harus kereta Prameks? Kenapa tidak cerita aktivitas didalam kereta?. Oke, mungkin sebagian dari kalian ada yang bertanya demikian, tapi tidak masalah, saya akan menjawab pertanyaan itu. Sedikit cerita ya, dulu waktu pertama kali saya ingin berkunjung  ke kota Yogyakarta, saya masih bingung mengenai biaya transportasi. Nah, disitulah saya mulai mencari tahu biaya transportasi yang murah untuk sampai di Jogja tanpa ribet, akhirnya salah satu teman menyarankan untuk menggunakan kereta api Prameks. 

Ternyata memang benar, kereta satu ini memiliki tarif yang sangat murah, tidak hanya itu lho, kereta ini juga  mempunyai kenyamanan tersendiri untuk para Traveler seperti saya, heheh. Yakin, kalian masih belum memiliki keinginan pergi ke Jogja menggunakan kereta api Prameks? Oh iya, satu lagi nih, kereta api Prameks tidak tersedia di setiap kota ya, tapi hanya di stasiun tertentu saja, yuk simak lebih lanjut!.
Beberapa informasi yang akan saya berikan untuk kalian.

Cara Beli Tiket Prameks Online

Mulai sekarang kalian bisa membeli tiket kereta api Prambanan Ekspres atau yang kita kenal Prameks lewat online lho. Caranya kalian bisa membelinya lewat aplikasi Kai Access.

Jadi, jika di smartphone kalian belum ada aplikasi Kai Acces, sebaiknya mengunduh aplikasi tersebut di Google Playstore dulu ya. Untuk membeli tiket ini kalian bisa melakukannya 7 hari sebelum pemberangkatan, dan juga bisa dilakukan 5 menit sebelum pemberangkatan, jika belum kehabisan ya, heheh (saran saya, jangan terlalu mepet ya).
Est, jangan khawatir, bagi kalian yang masih bingung, saya akan menuliskan langkah-langkah membeli tiket Prameks online.


Sebagai berikut :

1. Instal aplikasi KAI Acces. Unduh dari Playstore untuk pengguna smartphone android, atau unduh App Store untuk pengguna Iphone.
2. Jika kalian belum mempunyai akun KAI Acces bisa langsung mendaftarkan diri terlebih dahulu. Untuk mendaftarkannya cukup menggunakan nomer telepon ataupun email.
3. Kalau sudah terdaftar, kalian bisa langsung membeli tiket Prameks online. Pilih menu "Local Train" di aplikasi KAI Acces untuk membeli tiketnya.
4. Pilihlah tanggal pemberangkatan kalian.
5. Kemudian, kalian bisa membayarnya menggunakan dompet elektronik sesuai pilihan.
6. Tiket elektronik Prameks akan kalian gunakan saat boarding ke kereta. E-ticket atau tiket elektronik Prameks ini bisa kalian temukan di menu "Trips". Est, jangan lupa ya, e-tiket tadi di scan kepada petugas Stasiun. Wah, mudah sekali ya, kalian juga tidak perlu mencetaknya lagi.

Jadwal Prameks Kutoarjo Yogyakarta

NO      RelasiKeberangkatan Kedatangan
1. Kutoarjo-Yogyakarta05.15 06.42
2.Kutoarjo-Yogyakarta 08.30 09.42
3.Kutoarjo-Yogyakarta 11.40 12.54
4.Kutoarjo-Yogyakarta 15.58 17.06

Itu informasi jadwal kereta api Prameks dari stasiun Kutoarjo sampai ke stasiun Tugu Yogyakarta ya. Est, jangan khawatir saya juga akan menulis informasi mengenai jadwal kereta api Prameks dari stasiun Tugu Yogyakarta sampai ke stasiun Kutoarjo.

Jadwal Prameks Yogyakarta Kutoarjo

NO      RelasiKeberangkatan Kedatangan
1. Yogyakarta-Kutoarjo 06.30 07.42
2.Yogyakarta-Kutoarjo 10.05 11.18
3.Yogyakarta-Kutoarjo 13.48 15.25
4.Yogyakarta-Kutoarjo 17.35 19.01


Rute Kereta Api Prameks 

 Ada 5 stasiun yang dilalui kereta Prameks, yaitu: Kutoarjo - Jenar - Wojo - Wates  - Yogyakarta.

Waktunya lumayan panjang sih. Tapi, untuk pemandangan selama perjalanan, sumpah, juara!. Karena, kereta ini melintas di jalur sisi hamparan persawahan yang dibayangi oleh pegunungan.


Bagaimana cukup mudahkan. Yakin kalian masih ragu menggunakan kereta api Prameks? Jika belum yakin atau pengen tanya-tanya mengenai kereta ini bisa langsung kontak saya, ya😉.



Hai semua! Kenalin, Namaku Umi Riadatul Munasaroh seorang Mahasiswa yang sekarang sedang beraktivitas sebagai penulis nih.

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :

2 Comments


EmoticonEmoticon